APSI: Analisa Sistem Informasi Tiket.com

Wisnu
05111740000170
APSI C



Latar Belakang Perusahaan Tiket.com




        Tiket.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, penyewaan mobil, tiket konser, tiket atraksi, tiket hiburan dan tiket event yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Tiket.com dibentuk pada bulan Agustus 2011.

        Tiket.com didirikan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011. Pada awalnya, Wenas Agusetiawan membeli domain tiket.com dan mengajak beberapa kolega untuk membuat sebuah situs web untuk melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com merupakan salah satu rekan bisnis Kereta Api Indonesia di Indonesia. Tiket.com juga bekerjasama dengan berbagai maskapai di Indonesia untuk memudahkan orang untuk pemesanan tiket pesawat melalui internet.

2. Analisa Sistem Informasi

        Sebelum kita membahas Analisa Sistem Informasi yang ada pada Traveloka, ada baiknya kita mengetahui dulu, apa yang dimaksud dengan sistem informasi. Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Ada 4 tingkatan sistem informasi dalam suatu organisasi, diantaranya:

1. Executive Informations Systems (EIS)
          Adalah top level pada piramida perusahaan, yangmana menjalankan tugasnya sebagai staf ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya.

2. Decision Support Systems (DSS)
        Merupakan middle management di dalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend produk, inovasi produk, dan sebagainya. DSS Merupakan suatu sistem yang memberikan dukungan komputer secara langsung kepada seorang manajer dalam proses pengambilan/pembuatan keputusan.

3. Management Information Systems (MIS)
        Management Information System (MIS) adalah sebuah sistem atau proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi secara efektif dalam suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.

        Secara mudah, dalam tiket.com, MIS berupa laporan data, monitoring layanan, customer relationship management, data-data traffic maupun berapa banyak pengguna ataupun data pengunduhan yang ada di PlayStore/AppStore/Web, seperti berikut.


4. Transaction Processing Systems (TPS)
        Transaction Processing System adalah bagian dari sistem informasi yang merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Contohnya adalah seperti memasukkan pesanan penjualan,penggajian , pencatatan karyawan dan pengiriman.

        Contohonya, padaa tiket.com, TPS ada di dalam pemesanan tiket pesawat seperti berikut


3. Klarifikasi fitur aplikasi

1. Teknologi end-user.
    - Aplikasi berbasis Android
    - Aplikasi berbasis IOS
    - Berbasis WEB

2. Teknologi database.
    - metode cloud computing
    - metode smartphonee storage

3. Cara pembayaran.
    









Komentar

Postingan Populer